Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Puisi Esai 2014

and-the-winner-is-1gmwj15

Salam Inspirasi,

Sebelumnya kami selaku tim penilai memberikan permohonan maaf atas keterlambatan untuk mengumumkan siapa pemenang lomba menulis esai 2014 karena sesuatu hal lain. Daripada itu kami selaku tim penilai perlombaan menulis puisi esai akan memutuskan para pemenang berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Ketentuan tersebut antara lain sebagai berikut:

Tema. Tema puisi esai adalah masalah sosial, khususnya masalah sosial yang problematis. Aspek sosial yang dipilih bebas, boleh berupa kisah cinta tak sampai karena perbedaan status sosial ekonomi, agama, ideologi, pandangan politik, dan sebagainya. Puisi esai dianggap berhasil jika temanya menyentuh persoalan masyarakat luas.

Penokohan. Tokoh puisi esai adalah sosok di tengah pergulatan sosial maupun sosok yang melibatkan diri dalam situasi sosial yang problematis. Tokoh harus dieksplorasi dan dihadirkan pergulatan psikologis dan gambaran batinnya dan harus menggam-barkan perkembangan psikologis tokohnya. Puisi esai dianggap berhasil jika tokohnya menyentuh pembaca.

Alur. Karena puisi esai cenderung panjang, maka pengolahan alur menjadi penting agar unsur dramatik puisi esai dapat dikem-bangkan sebaik-baiknya hingga tidak membosankan.

Latar. Latar puisi esai bebas, baik masa kini maupun masa silam, namun harus memiliki dan menghadirkan dimensi sosial yang kritis. Latar puisi esai hendaknya mengacu pada latar sosial yang benar-benar pernah terjadi, baik di masa kini maupun di masa lalu. Acuan pada kenyataan ditunjukkan oleh adanya Catatan Kaki.

Catatan Kaki. Catatan Kaki dapat berupa hasil riset/penelitian sosial, makalah, buku ilmiah, maupun pemberitaan di media massa.

Bahasa. Puisi esai ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, komunikatif, serta mudah dimengerti. Penggunaan metafora, simbol, rima, metrum, dan berbagai gaya bahasa lainnya, dibolehkan —bahkan sangat dianjurkan— namun harus tetap komunikatif dan mudah dipahami.

Setelah melakukan pembacaan dan penilaian panjang, tim penilai memutuskan pemenang-pemenang Lomba menulis puisi esai 2014 sebagai berikut:

Juara I
Nazar Shah Alam
Riwayat Aiyub Syahkubat dan Kami yang Menentukan Diri

Juara II
Beni Setia
Kisah Derwis Dewana di Bali

Juara III
Endhiq Anang Pamungkas
Penjual Biografi Penyiar Pelo

10 Penulis Terbaik (Secara Alfabetis)

Badrus Shaleh
Tahlil Fadhilah

Dewa Ayu Eka Cahyani
Satu dari Sekian Cerita Tentang Kasta

Didik Siswantono
Dupa Tak Wangi di Kereta Kencana

Hidayat Banjar
Hanya Seorang Munirkah?

Ilham
Daun Lontar Untuk Penguasa

Iqbal H. Saputra
Jejak Pengasingan

Latif Setia Nugraha
Akar Suara Gemeramang dari Dalam Saku Jas Lusuh Bertambalan

M. Irfan Kurniawan
Jangan Panggil Aku Cabe-Cabean

Riduan Situmorang
Baris-Baris Tanya Indonesia

Urnoto
Asmaraloka

Kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Panitia akan menghubungi para pemenang via e-mail untuk konfirmasi dan teknis pengiriman hadiahnya.

Keputusan dewan juri didasarkan pada data kuantitatif dan verifikasi kualitatif yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Keputusan ini tidak bisa diganggu-gugat dan panitia tidak menerima dan tidak akan merespons segala bentuk korespondensi mengenai pengumuman pemenang ini. 

Demikian pengumuman ini disampaikan.

Salam inspirasi dan tetaplah menginspirasi! 

Inspirasi.co




or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?